Musrenbang Desa T.A 2020 sebagai Penggali Aspirasi Masyarakat

Administrator 17 September 2019 13:31:09 WITA

            13 September 2019 Pemerintah desa kembali melaksanakan kegiatan MUSRENBANGDES skala supra desa bertempat di Kantor Desa Banjar Tegeha. Kegiatan yang di hadiri oleh Kepala atau Perwakilan Kepala Dinas-Dinas Terkait, Lembaga-Lembaga terkait, Pemerintah Desa dan Para Tokoh Masyarakat yang menghasilkan beberapa program prioritas untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan dan maksimal. Musyawarah ini membawa peluang bagi Lembaga terkait dan Masyarakat melalui pemerintah Desa untuk mengusulkan program kebutuhan mereka yang memang tidak bisa didanai dari desa atau hal ini merupakan kewenangan dari Kabupaten/Kota.

            Pelaksanaan musyawarah perencananaan pembangunan desa dilaksanakan setiap tahun. Berkenan dengan hal tersebut usulan-usulan Musrenbang tahun lalu perlu kita kaji kembali apakah sudah mendapat ranking di Kecamatan atau di Kabupaten sehingga usulan tahun yang lalu tidak mubasir. ujar Ida Putu Semadi selaku Kepala Desa Banjar Tegeha.

            Kegiatan Musrenbangdes ini mampu mencuri perhatian Lembaga terkait dan Masyarakat dikarnakan Dinas-dinas terkait memberikan sejumlah program-program dan akumulasi dana yang cukup banyak untuk membiaya program usulan yang diterima melalui pemerintah desa melalui lembaga dan masyarakat desa sesuai dengan kebutuhan desa. namun usulan-usulan tersbut  harus selaras dengan program pemerintah Kabupaten/Kota jikalaupun itu selaras namun guna mendapatkan Rangking (peringkat) usulan terbaik cukup sulit didapatkan karena berbagai faktor-faktor penilain usulan tertentu. maka dari itu Pemerintah Desa perlu mengkaji dan mencermati ulang usulan-usulannya supaya selaras dan sesuai dengan kebutuhan yang ada di desa serta mampu mendapat rangking lebih baik dibanding sebelumnya.

           Dinas-dinas terkait memberikan pemaparan program-program prioritas yang dimilikinya, salah satunya yaitu Dinas Pertanian dan Peternakan yang merupakan Dinas yang menangani masalah Pertanian, Peternakan, dan Pekebunan. Perwakilan dari Dinas Pertanian dan Peternakan mengatakan bahwa "Pada tahun ini Dinas Pertanian dan Peternakan menyalurkan dana senilai kurang lebih 13 Miliar dan ada 51 Program yang kami tidak bisa sebutkan semuanya. semua jenis komoditas pertanian ada di Dinas Pertanian seperti di Bidang Hortikultura, Perkebunan, Peternakan, dan Pertanian". tidak sampai hanya sebatas itu kami disini juga memberikan akomodasi tambahan seperti asuransi dibidang pertanian seperti asuransi usaha tani padi dengan nilai 6 juta per hektar, asuransi ternak sapi, akibat pencurian, kematian, dan Kecelakaan, Ujar kembali perwakilan Dinas Pertanian dan Peternakan. adapun juga dari dinas lain yang memaparkan programnya seperti Dinas PUPR, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan dan Sosial Budaya, serta dari Dinas Kesehatan.

           Pemaparan tersebut memberikan dayatarik untuk menggali aspirasi masyarakat dan lembaga terkait untuk mengajukan usulan yang diprioritaskannya, dan usulan-usulan tersebut masuk dalam berbagai bidang. 

           Alhasil dari kegiatan Musrenbang tersebut ditetapkan beberapa usulan-usulan dari Masyarakat dan Lembaga terkait yang masuk diberbagai bidang diantaranya yaitu Bidang Sosial Budaya dan Pendidikan, Bidang Ekonomi dan Aparatur, Serta dibidang Fisik yaitu infrastruktur fisi

Komentar atas Musrenbang Desa T.A 2020 sebagai Penggali Aspirasi Masyarakat

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Banjar Tegeha

tampilkan dalam peta lebih besar