Launching/Pembukaan Resmi BUMDES Yasa Kerthi Desa Banjar Tegeha

04 Agustus 2020 10:43:39 WITA

Badan usaha milik desa (atau diakronimkan menjadi Bumdes) merupakan usaha desa yang dikelola oleh Pemerintah Desa, dan berbadan hukum. Pemerintah Desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi Desa. Pembentukan Badan Usaha Milik Desa ditetapkan dengan Peraturan Desa. Kepengurusan Badan Usaha Milik Desa terdiri dari Pemerintah Desa dan masyarakat desa setempat.
Permodalan Badan Usaha Milik Desa dapat berasal dari Pemerintah Desa, tabungan masyarakat, bantuan Pemerintah, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota, pinjaman, atau penyertaan modal pihak lain atau kerja sama bagi hasil atas dasar saling menguntungkan. Badan Usaha Milik Desa dapat melakukan pinjaman, yang dapat dilakukan setelah mendapat persetujuan BPD.
###############################################
Pada tanggal 03 Agustus 2020 bertepatan di hari raya purnama, Pemerintah Desa Banjar Tegeha melaunching/membuka secara resmi Badan Usaha Milik Desa Yasa Kerthi, acara ini dihadiri oleh Aparat Pemerintah Desa dan BPD Banjar Tegeha, Bapak I Made Subur (Mantan Kepala Dinas PMD, sekarang menduduki jabatan sebagai Kadis Damkar) , DPMD Kabupaten Buleleng atau yang mewakili, Camat Banjar, Pengurus Bumdes, Bapak Babinkamtibnas, Babinsa, PDTI Singaraja, Lembaga Adat, LPM, Bank BNI, dan tokoh masyarakat desa.
acara ini merupakan moment penting dan sangat ditunggu-tunggu oleh Masyarakat Desa dan Pemerintah Desa karena dengan adanya BUMDES, Desa dapat menumbuh kembangkan perekonomiannya secara signifikan di berbagai sektor perekonomian yang ada di Desa dan dengan segala potensi yang dimilikinya.
 
Bumdesa Yasa Kerti yang kita miliki baru memiliki 2 Unit Usaha yaitu di bidang pengelolaan air bersih dan jasa pelayanan (Bayar Listrik, Pembelian Pulsa Listrik, Pembayaranan Finance, dan layanan jasa lainnya). Khusus untuk dibidang pelayanan jasa, BUMDES memiliki kerjasama dengan Bank BNI di bidang ke-agenan.
dan satu unit usaha lagi yaitu "Pasar Desa" yang ditunggu tunggu untuk di jalankan oleh BUMDES yang #rencananya akan di buka tahun ini.
 
 
 

Komentar atas Launching/Pembukaan Resmi BUMDES Yasa Kerthi Desa Banjar Tegeha

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Banjar Tegeha

tampilkan dalam peta lebih besar